Posted by: omcivics | May 5, 2009

Hardiknas di Mata Seorang Guru

Setiap tahun bangsa Indonesia memperingat hardiknas tanpa adanya perhatian penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Pendidikan hanya diperbincangkan ketika hardiknas dan pada saat pergantian tahun akademik atau tahun pelajaran saja. Permasalahan klasik pendidikan tidari tahun ke tahun tidak jauh berbeda antara efektifitas, efisiensi, kualitas, kuantitas dan pemerataan pendidikan.

Akan terasa benar ketika ada seorang anak perempuan kecil sedang menangis, dia akan diam ketika seseorang yang mjengatakan akan dikawinkan dengan seorang guru. Berapa banyak siswa/i SD, SMP dan SMA yang akan bercita-cita akan menjadi guru.

Pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat memaksa si anak untuk meriubah perspektif dari hati ke materialis. Mereka tahu betul bahwa menjadi seorang guru secara materil tidak menjanjikan karena di rumah telah dicekoki benda-benda material.

Pendidikan 40-50 tahun lalu telah merubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang martabat. Kita dapat memahami sekarang bahwa yang menjadi pejabat saat ini adalah orang yang dapat mengenyam pendidikan lebih dibandingkan dengan anak seusianya.

Tidak banyak pemegang kekuasaan di negara ini yang berasal dari keluarga pas-pasan dengan pendidikan tinggi. Mereka mendapatkan pendidikan akibat dari materialis dan jabatan orang tua mereka.

Mari kita tingkatkan pendidikan Indonesia, pemerataan pendidikan dan kesempatan pendidikan yang seluas-luasnya. Pendidikan yang baik adalah cerminan bangsa yang dapat menghargai masa depannya.


Responses

  1. Very wise, saya juga calon guru..

    salam kenal..
    Media Anak Muda

  2. Renungan Guru dihari pendidikan;”kapan mencoba untuk menggali potensi-potensi kecerdasan emosional anak-anak bangsa” selengkapnya http://ekowinarto.wordpress.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories