Posted by: omcivics | November 26, 2008

Guru yang terlupakan

Silahkan tanyakan kepada peserta didik anda, SIAPA YANG MAU MENJADI DOKTER??? atau SIAPA YANG MENJADI PILOT??? atau SIAPA YANG MAU MENJADI PENGUSAHA??? atau SIAPA YANG MAU MENJADI GURU??? atau dan atau??? Apa yang anda dapatkan dari jawaban tersebut??? Status sosial di masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya di perkotaan sudah berubah. Pendidik bukan lagi pekerjaan yang mulia. Harta telah menjadi climbing status yang efektif di masyarakat.

Setelah perang dunia II usai, kaisar Jepang bertanya berapa guru yang tersisa, bukan berapa serdadu yang tersisa. 63 tahun lalu Jepang hancur akibat perang, tetapi sekarang dapat kita lihat kemajuan Jepang yang sebelumnya menggunakan politik isolasi. Konflik konstruktif mengakibatkan Jepang maju seperti sekarang. Mereka mengutamakan pendidikan bagi bangsanya dalam mengejar ketertinggalan akibat konflik. Indonesia sekitar tahun 70-an juga telah mengekspor guru-guru ke mancanegara terutama Malaysia, hal ini menandakan tingginya kualitas pendidikan di negara kita. Pengorganisasian kurikulum pendidikan ketika itu menggunakan sparated curriculum membawa bangsa Indonesia lebih kedepan.


Guru yang digugu dan ditiru menjadi sosok tauladan bagi anak didiknya. Keikhlasan akan selalu tercermin diwajahnya. Pekerjaan menjadi amal ibadah apabila dilandasi oleh keikhlasan dalam beramal. Namun demikian guru juga perlu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti halnya manusia yang lain. Guru juga manusiaaaaa….

Orang tua yang membekali kita di dunia dan guru kita yang membekali kita di akhirat. Kapan guru sebagai pendekar moral dapat diingat lagi? SELAMAT HARI GURU 25 NOPEMBER 2008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories