Posted by: omcivics | November 10, 2008

Memaknai Hari Pahlawan

An Indian soldier fires at snipers from behind a knocked out Indonesian tank in Surabaya, November 1945.

An Indian soldier fires at snipers from behind a knocked out Indonesian tank in Surabaya, November 1945.

Hari pahlawan yang diperingati bangsa Indonesia jatuh setiap tanggal 10 Nopember memiliki makna yang besar bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meningkatkan martabat dan kedaulatan bangsa Indonesia sendiri.

Sejarah telah bersaksi bahwa para pemudalah dengan semangat kebangsaan yang tinggi membela tanah air sampai darah penghabisan dari penjajah Belanda yang datang kembali untuk mengasai Indonesia. Pertampuran di Surabaya membangkitkan semangat Indonesia untuk berani tampil di hadapan dunia menentang para penjajah. Pahlawan kemerdekaan pada saat itu menjadi inspirator bagi bangsa Indonesia untuk keluar dari belenggu penjajah.

Lalu siapakah yang menjadi pahlawan saat ini? Yang menjadi pelopor bagi bangsanya untuk bangkit dan berperang dari segala ancaman dari dalam dan luar. Siapakah musuh besar bangsa Indonesia saat ini? Setiap orang bisa menjadi pelopor, inspirator minimal bagi dirinya sendiri. Ketika seseorang dapat berbuat dan melakukan kebaikan bagi dirinya. Seorang siswa bisa menjadi seorang pahlawan bagi dirinya ketika ia belajar dengan rajin dan penuh keikhlasan untuk dirinya. Siapakah yang menjadi pahlawan? Mengapa mereka disebut sebagai pahlawan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories