Posted by: omcivics | September 13, 2008

Pelatihan Courseware IV (Moodle-Hot Potatoes-Exe Elearning-Wiris-Authorpoint)

Pelatihan hari ke-5 adalah pelatihan terakhir dari SEAMOLEC. Pelatihan kali ini adalah mengkolaborasikan antara perangkat lunak hot potatoes dengan moodle yang telah dimiliki SIB. Hot potatoes yang dipelajari pada hari kedua, diupload ke dalam moodle. Selain hot potatoes, bu Anti Rismayanti sebagai Tim Pelatih dari Seamolec juga memperkenalkan Exe Learning yang telah dikembangkan oleh putra/i terbaik bangsa Indonesia. Exe Learning memiliki dua macam yaitu instaler dan ada software ready to run. pun cukup menarik karena memiliki fitur yang sesuai dengan pembelajaran di kelas.

Keputusasaan guru-guru mata pelajaran eksakta terhadap moodle adalah kesulitan untuk membuat data berupa fitur matematika di moodle. Tetapi jangan khawatir, wiris telah memberikan kemudahan dengan membuat plug in khusus untuk moodle.

Tidak kalah dengan Articulate Presentation, Authorpoint dari Author Gen memberikan kemudahan untuk kita para pendidik dalam menyajikan presentasi kepada peserta didik. Authorpoint merubah file PPT dan PPS menjadi SWF.

Akhirnya pelatihan selama 5 hari telah berlalu dan memberikan para guru bekal mengembangkan pembelajaran melalui e-learning. E-learning sebagai pendukung pembelajaran tatap muka sangat dimungkin untuk sekolah di Indonesia. Seamolec berupaya untuk memberikan terbaik kepada para pendidik untuk mengembangkan e-learning dengan menggunakan free course ware. SELAMAT BERKARYA PARA PENDIDIK BANGSA…


Responses

  1. Pak Soleh

    Terima kasih sudah menyambung tali silaturahmi.
    Bagaiman kabarnya di Bangkok?
    Saya sudah tidak di Al-Ghifari lagi. Sejak tahun 2005 saya jadi PNS sekarang di tugaskan di MAN 2 Bandung.

    Saya belum punya blog. Lagi belajar.

  2. Alhamdulillah kita bisa ketemu lagi walaupun di dunia maya. Pak Iwan Rosadi ini guru besar saya dalam bidang managemen pendidikan khusunya tingkat persekolahan.
    Bangkok masih aman walaupun masih sepertinya zerosum. Salam ke temen2 lama saya di Al-Ghifari


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories