Posted by: omcivics | September 10, 2008

Pelatihan Courseware I

Hari pertama pelatihan tentang Course ware yang diadakan di Bangkok tanggal 8-12 September 2008 adalah hasil kerja bareng antara SEAMOLEC dan KBRI Bangkok. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh guru Sekolah Indonesia Bangkok dan beberapa orang staff KBRI Bangkok rencananya akan mendalami pemanfaatan course ware gratis yang banyak bertebaran di dunia maya. Salah satu course ware yang sering digunakan oleh dunia pendidikan adalah Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) yang dikembangkan oleh mang Martin Dougiamas.

Pelatihan yang dibuka resmi oleh Bapak Duta Besar LBBP RI untuk kerajaan Thailand Bapak Mohammad Hatta didampingi oleh Direktur SEAMEO Dato’ Dr Ahamad bin Sipon. Tim pelatih dari SEAMOLEC terdiri dari bu Anti Rismayanti dan pak Adnan Purwanto mengajak peserta pelatihan untuk mengenal lebih jauh tentang organisasi SEAMOLEC yang salama ini belum begitu dikenal oleh para peserta. Pelatihan pun dilanjutkan dengan pengenalan Moodle yang selama ini telah dikenal oleh guru SIB.

Setelah memahami apa yang telah dipaparkan oleh bu Anti Rismayanti ternyata mengapa Moodle yang digunakan SIB belum optimal karena belum adanya manajemen e-learning yang tepat. Salah satu kelemahan adalah tidak dibuat terlebih dahulu pemetaan program (program mapping) ketika akan mengimplementasikan LMS (learning management system). RPP yang dibuat sebagai persyaratan mengajar ternyata tidak mencukupi untuk mengimplementasikan sebuah e-learning.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories