Posted by: omcivics | July 29, 2008

Alternatif Download e-Book (Buku Sekolah Elektronik)

Alternatif Sumber Download BSE
-dihibahkan untuk kualitas pendidikan Indonesia- (klik disini)

Pendidikan sangat memerlukan sumber belajar yang efektif untuk membuka wawasan si anak didik. Buku adalah salah satu bentuk sumber pembelajaran bagi siswa. Kebijakan pemerintah untuk membuat e-book hanya dapat dinikmati sekolah kelas atas yang telah memiliki infrastruktur jaringan internet yang baik atau SDM yang  melek IT.

Kenyataan di Lapangan adalah sulitnya mencari sumber pembelajaran yang tepat dan membumi bagi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi tiap mata pelajaran. Mungkinkah para guru untuk mencari sumber yang tepat ketika mereka hanya berada di desa terpencil sedangkan standar kompetensi yang dibahas adalah tentang globalisasi? atau karena kesibukan para guru yang mengajar lebih dari 40 jam seminggu dengan kelas dan mata pelajaran berbeda karena kekurangan guru di daerah terpencil?

Pemerintah harusnya memberikan solusi alternatif peningkatan mutu pendidikan lebih luas ke daerah terpencil, bukan hanya pengadaan buku elektronik saja, sebut saja pengadaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat dimodifikasi lagi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. Memang ini ide gila karena ada sentralisasi RPP secara nasional, tetapi dengan berdasarkan skenario yang dibuat oleh para ahli, guru dengan mudah melaksanakan RPP tersebut.(Silabus aja sekarang diserahkan sekolah masing-masing untuk menerjemahkan dari standar isi…) RPP saja tidak cukup apabila di dalam RPP hanya menyebutkan sumber, media, evaluasi dengan tulisan tanpa pemerintah menyediakan dalam bentuk fisik seperti buku, slide presentasi, dan bank soal.

Pro kontra kebijakan buku sekolah elektronik Departemen Pendidikan Nasional, memandang perlu adanya alternatif pemecahan masalah, salah satunya adalah memberikan link-link alternatif sebagai sumber untuk mengunduh e-book tersebut. Sangat dimungkinkah apabila setiap dinas pendidikan provinsi memiliki salah satu server khusus menyimpan e-book tersebut. Sehingga tidak terpusat pada server utama yaitu Jardiknas Jakarta, walaupun ada 3 server mirror yaitu Universitas Indonesia-Depok, Open Source Telkom-Jakarta dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Saat ini ada beberapa pihak peduli pendidikan yang telah menyediakan alternatif lain seperti dari Invir.com. Sekolah Indonesia Luar Negeri juga memberikan alternatif sumber download dari servernya di Bangkok. Bagi temen-temen yang memiliki server besar dan dapat diakses luas mari kita sumbangkan untuk pendidikan Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories