Posted by: omcivics | February 27, 2008

Sosialisasi MBS dan Penerapan Aplikasi Informasi Akademik SIB

Memang sangat melelahkan apabila ada 3 kegiatan marathon yang dilakukan hanya dalam 2 hari. Setelah kegiatan Perjusa Siaga Gudep Bangkok 001-002 dan Gelar Seni 2008 berakhir, tiba saatnya kegiatan sosialisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Penerapan Sistem Informasi Akademik Sekolah Indonesia Bangkok dilaksanakan khusus untuk orang tua. Kegiatan ini juga sebagai ajang perkenalan dan silaturahmi antara Badan Penyelenggara-Sekolah Indonesia Bangkok (BP-SIB), pihak sekolah dan para orang tua siswa.

Sosialisasi Manajemen Berbasis Sekolah dilakukan oleh Ibu Sri Wuryanti sebagai kepala sekolah. Beliau menegaskan kembali visi dan misi SIB kedepan serta program kerja SIB tahun pelajaran mendatang. Salah satu program subsidi pendidikan 2007 dari Dirjen Mandikdasmen Depdiknas RI yaitu pelaksanaan MBS di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Memang masih merupakan dilematis antara MBS secara nyata dengan kondisi SILN sebagai status sekolah swasta perbantuan. Dalam pelaksanaannnya MBS sebagainya dapat menjebatani antara stake holder, orang tua dan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan.

Implementasi Sistem Informasi Akademik sebagai salah satu program dari grant pendidikan teknologi Informasi dan komunikasi berasal dari Dirjen PLSB (pendidikan luar biasa) Depdiknas RI. Dalam implementasi sistem informasi akademik ini SIB bekerjasama dengan PT. Inspira Indonesia. Baspak Yuda Witjaksana dan Bapak Toto dari Inspira Indonesia sengaja datang ke SIB untuk menganalisis kebutuhan SIB, sosialisasi sistem tersebut kepada orang tua sekaligus penandatangan kerjasa sama yang disaksikan pula oleh BP-SIB.

Implementasi Sistem Informasi Akademik nantinya akan memudahkan komunikasi antara sekolah dan pihak konsumen pendidikan SIB dan sebagai pendukung e-learning SIB yang telah berjalan sejak tahun 2005. Salah satu modul yang belum ada di SILN manapun adalah modul penilaian dalam memudahkan guru dalam pembuatan buku rapor dan mempercepat penyampaian informasi tentang nilai siswa kepada orang tua dengan menggunakan online dan SMS. Disamping itu pula ada modul keuangan yang sangat berbeda dengan manajemen keuangan sekolah Indonesia biasa yang berada di Indonesia.

Mudah-mudahan software ini dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan sesuai dengan jadwal pejanjian kerjasama pada bulan Mei mendatang dan dapat diimplementasikan secara keseluruhan pada tahun pelajaran 2008-2009.


Responses

  1. menurut saya,saya setuju kalau kurikulum yang harus ada di sekolah adalah kurikulum mbs

    • ya tapi kenyataannya campur tangan dari pihak stake holder/yayasan masih kental


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories