Posted by: omcivics | February 11, 2008

Globalisasi

Standar Kompetensi:

Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kompetensi Dasar:

  1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia
  2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global
  3. Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  4. Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi

Responses

  1. Jika tidak keberatan mohon dikirim materi kewarganegaraan terbaru ke alamat email saya. Terima kasih

  2. Terima kasih atas kiriman e mail nya

  3. sama2 mas…

  4. saya mencari apa yang melatarbelakangi pentingnya globalisasi itu dan bagaimana cara menghadapi dampaknya.mohon dikirim ke alamat email saya terima kasih

  5. Latar belakang pentingnya globalisasi bagi negara kita sebagai negara dunia ketiga adalah untuk mempertahankan hidup atau bagaimana meletakkan dasar-dasar ekonominya sehingga bisa bersaing di pasar internasional.Sedangkan bagi negara yang sudah mapan adalah bagaimana mengekspani lebih lanjut bagi kehidupan ekonominya yang sudah mapan.
    Globalisasi bukan hanya bidang ekonomi saja akan tetapi disegala bidang, sehingga siapa yang memiliki keunggulan dialah yang menang, memang agak sadis karena seperti hukum rimba.

    Cara menghadapi globalisasi adalah dengan meningkatkan kualitas hidup disegala bidang. Agama adalah satu-satunya faktor penentu untuk kita dapat bersaing dan sebagai pertahanan diri, kemudian diikuti oleh budaya kita sendiri. Perlu dibedakan antara konsep modernisasi dan westernisasi. Modernisasi merupakan konsep pemutakhiran bidang kehidupan, tetapi westernisasi merupakan penjiplakan gaya hidup barat atau kebarat-baratan.Itu saja dulu mungkin dapat dimaklumi…

  6. maaf , bisa minta arti penting globalisasi bagi indonesia plase

    • Globalisasi sangat penting bagi bangsa Indonesia, mau tidak mau bangsa Indonesia dihadapkan pada globalisasi.. Ingat globalisasi bukan westernisasi…. Globalisasi memiliki dua dampak yaitu positif dan negatif… sehingga kita dapat mensikapi globalisasi dengan mengambil dampak positif baik dalam bidang sosial budaya, politikekonomi, agama. Yang terpenting adalah bagaimana memperkuat bilai-nilai kepribadian diri sendiri terlebih dahulu atau dalam skala nasional, mementingkan kepentingan nasional

  7. maaf, kalau boleh sy tw, anda tw ttg pentingnya globalisasi itu drmana sumbernya, ya .. ??

  8. mangnya dampak positive n negative globalisasi dlm kehidupan,,,

    apha ajha siech…..??????

  9. asyik dah…si bapak rajin bener!! ngebales comment org…omcivics emank tak ada 2 nya!

  10. maaf mau menanyakan arti penting dari globalisasi dan faktor pendorong nya jugadong soal nya ada tugas dari sekolah.tolong kasih tau ya

  11. Maaf lw boleh saya tw apa2 ja se dampak positif dan negatif dari globalisasi. Tlg krm y alnya pnting bnget.,
    please

  12. tlong cri kan dampak negatif dan positif globalisasi

  13. Maaf lw boleh saya tw apa2 ja se dampak positif dan negatif dari globalisasi. Tlg krm y alnya pnting bnget.,
    please

    • Dampak positif Globalisasi :
      1. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
      2. Mudah melakukan komunikasi
      3. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi )
      4. Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran
      5. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
      6. Mudah memenuhi kebutuhan

      Dampak negatif Globalisasi:
      1. Informasi yang tidak tersaring
      2. Perilaku konsumtif
      3. Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
      4. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk
      5. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat

  14. tolOng yah
    cariKAn saya pEnagaruh globalisasi terhaDap politik lUar negeri iNdonesia yang bebas & aktif.
    apabila sUdah daPat kirimkan ke e-mail aq yah
    karna hari sealsa ingi diKumpul.
    please……

  15. Oy gimana seeh caranya Cari DAMPAK GLOBALISASI klo ga kasih tau w billangin ma MAMAH lw

  16. LW-LW SEMUA KLO PUNYA AYODANCE MAEN BARENG MA W KLO BERANI BAGI YG PUNYA CWE COPLEAN MA W MAU GAX?????????????????????

  17. pentingnya Globlasisasi bagi Indonesia secara umum apa ya?
    mohon balasanya…

  18. menta materi dampak globalisasi donk.. please.. kirim ke email aku…ya

  19. Misiii. . .
    Mau nanya nich. .
    Dampak positif dan negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu apa aja yaa. .?!,

    • Dampak positif globalisasi adalah kita terpacu untuk lebih maju dari negara lain karena persaingan, akan tetapi dampak negatif pun tidak sedikit seperti perubahan tingkah laku dan budaya masyarakat dikarenakan sikap meniru yang sangat tinggi

  20. arti penting ™GLOBALISASI™ adalah dapat menjadikan ”Bangsa kita yaitu Bangsa Indonesia sebagai bangsa yg maju dan berkembang ”

    namun hal ini juga dapat ” MERUGIKAN ” karena kurangnya ” DUKUNGAN

  21. faktor pendorong / dampak positiF > +†+ GLOBALISASI +†+ adalah banyak-nya dukungan dari
    ” MASYARAKAT Di SELURUH DUNIA ” karena
    hanya ”Dukungan” dan ”Party Sipasi” kita dapat menjadikan Bangsa kita
    ” Maju dan Berkembang ” .dan juga dapat bersaing di +†+ DUNIA +†+

    dampak negatif >
    masih mahal biaya pendidikan di Indonesia sehingga banyak rakyat kita yang putus sekolah walaupun ada beasiswa terkadang pembagian tidak merata,

  22. semoanya jng sungkan ‘BERTANYA AMA GW’
    kirim aj pesan ke “FS” / E-Mail gw.

    orchonorch_wew@yahoo.com

  23. bozzz, kok cuma SK dan KD doank ce. penjelasannya mana?

    • Maaf web ini masih belum sempurna untuk pembelajaran…

  24. he………..
    dampak positif globalisasi apa lagi…..
    bagi para pembaca, tolong di bantu untuk mencarinya ya……

    karena penting banget…

  25. apaa faktorr pendorong globalisasi?? plizz dijawab segera bsok tes nh

    • Banyak faktor pendorong globalisasi, salah satunya teori ketergantungan, bahwa setiap negara memerlukan negara lain dalam memenuhi kebutuhannya

  26. tlng dong….. pengertian dan pentingnya globalisasi pa?? krmin y

  27. tlong dong bagaimana cara mnghadapi globalisasi di segala bidang…

    thanxs

    by rinie

  28. apA ciEh aRti ‘n pEntInGN

  29. apA ciEh aRti ‘n pEntInGnya globalisasi…….?????

  30. apa sih 3 faktor pendorong globalisasi? harap cepet dibales ya..dikumpul hari selasa soalnya tugasnya

    • Tiga faktor pendorong globalisasi :
      1.ekonomi
      2.politik
      3.hukum

  31. lalu apa saja yg perlu kita prioritaskan dalam mnghadapi era globalisasi?

    • Perkuat ekonomi terutama sektor riil dalam artian ekonomi kerakyatan, mental spiritual terutama agama masing-masing dalam menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya timur kita.

  32. tolong jelasin faktor pendorong globalisasi di indonesia dong. klo udah di kirim email saya ya. syarif_khairul@yahoo.com

  33. tolong kirimin arti penting globalisasi bagi indonesia

  34. mau tanya-tanya ni =

    1.Apa tanggapan bangsa-bangsa di dunia dalam menghadapi globalisasi?
    2. Apa pentingnya globalisasi bagi Inonesia?

  35. 1. apa sich ciri-ciri politik luar negeri ”bebas aktif” ?..
    2.contoh dan bukti politik luar negeri ”bebas aktif”?..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories