Posted by: omcivics | July 31, 2008

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Standar Kompetensi

Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka (Latihan Soal)

Kompetensi Dasar:

  1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
  3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

Latihan soal:

  • Mata Pelajaran Kewargaan Negara Kelas II Sms1
    Standar Kompetensi:Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (daftar dulu yach..

Khusus Guru : Bagi temen-temen guru yang akan menambah, mengurangi, merevisi soal ulangan harian dapat di download source codedan download dulu articulate quizmaker dan install dan ini manualnya

References:

Khusus Guru : Bagi temen-temen guru yang akan menambah, mengurangi, merevisi soal ulangan harian dapat di download source code dan download dulu articulate quizmaker dan install dan ini manualnya

About these ads

Responses

  1. kalau menurut saya pa… ideologi pancasila indonesia ini adalah ideologi semacam “orang suci” yang mensyaratkan penduduk indonesia bersikap selayaknya santo-santo dan nabi-nabi

    walau bukan semuanya penduduk indonesia adalah kaum terdidik, namun sungguh sangat disayangkan kalau pancasila dikatakan oleh sebagian orang sebagai “tidak berdasar”, karena memang jika dituruti secara lengkap, negara kita pasti aman makmur tenteram… namun pada kenyataannya, merupakan tantangan menerapkannya pada indonesia yang masih tidak mau mengakui kebobrokannya sebagai bangsa, ya… tidak mau mengakui kesalahan bagaimana bisa berubah…

    hidup pancasila dan indonesiaku ^^

  2. sebenarnya yang tertercermin dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat kita Indonesia ada nilai budaya dan nilai agama serta nilai hukum. Setiap kelompok masyarakat tentu berbeda ada yang lebih menonjol nilai budayanya ada juga nilai agamanya. Contohnya ketika lebaran, pemerintah hanya memberikan libur bersama hanya 2 hari saja, itulah disebut nilai hukum tetapi banyak PNS yang membolos dikarenakan pulang kampung sebagai budaya masyarakat Indonesia. Inilah disebut yang tercermin dalam masyarakat lebih tinggi budaya dibandingkan hukum.
    Kita pun disalahkan oleh agama manapun, apabila kita bertindak beramal baik seperti orang Islam harus shalat, umat Kristiani pergi ke Gereja dll karena mengamalkan sila pertama dari Pancasila. Tetapi yang ada pada diri masing-masing adalah menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing. Termasuk menduakan Tuhan (musyrik) apabila kita ibadah karena Pancasila
    Oleh karena itu Pancasila adalah sebuah filsafat, yang memiliki hirarky yang berbeda dengan agama. Jadi sebagai ideologi yang tidak perlu diajarkan lagi seperti indoktrinasi ketika Orde Baru dulu. Kita melaksanakan agama dan budaya kita sehari-hari sudah tercermin juga melaksanakan Pancasila sebagai ideologi.
    mari kita majukan pendidikan Indonesia…

  3. maksud posting ini apa?aku ga tau….

  4. maksudnya posting ini untuk pembelajaran dan berdiskusi mengenai Pancasila

  5. Thanks buat infonya…
    blog ini punya organisasi/badan apa??

  6. Blog ini hanya untuk pembelajaran dan didedikasikan khusus untuk para pelajar dan guru di Indonesia. Blog ini bukan milik organisasi/ badan resmi, hanya milik perseorangan yang isinya kita bisa share bersama

  7. makasih buat bloknya, sehingga saya sebagai seorang guru bisa belajar banyak dari sini.

    • sama-sama pak saya juga masih belajar

  8. Ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka apa ya saya kurang mengerti?

    • Ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya Ideologi yang terbuka dari perubahan-perubahan yang datang dari luar tetapi memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk menentukan manakah nilai-nilai dari luar yang mempengaruhi dan merubah nilai-nilai dasar dan manakah yang tidak boleh berubah

    • Ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya Ideologi yang terbuka dari perubahan-perubahan yang datang dari luar tetapi memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk menentukan manakah nilai-nilai dari luar yang mempengaruhi dan merubah nilai-nilai dasar dan manakah yang tidak boleh berubah

      • saya mau bertaya ni Dimensi-dimensi apa saja yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideology terbuka , sebutkan

  9. salam kenal..
    bagaimana kalau kita lihat dari kacamata keyakinan agama dan yang tak lupa pemikiran kahar mujakar

  10. Gimana yach ngajar all about Pancasila biar ga mbosenin ?????

  11. Anak-anak harus mengerti dengan ideologinya tapi gimana caranya sesuatu yang serius ini bisa ringan tapi ngerti

    • Memang terasa sulit apabila merealkan konsep yang sangat abstrak, salah satu caranya kita bisa mengajak masuk ke dalam dunianya. Dimulai dari dirinya sendiri ketika mereka bangun tidur sampai dengan datang di kelas, mereka sebenarnya telah memegang teguh ideologi sendiri, yaitu pedoman hidupnya, dari mulai mandi, shalat subuh (bagi umat Islam) sampai datang ke kelas. Itulah contoh ideologi, hal yang dicita-citakan. Indonesia pun bisa diibaratkan seperti manusia yang penuh cita-cita baik jangka pendek maupun panjang. Pancasila sebagai ruhnya Indonesia terbuka secara demokratis terhadap budaya lain sepanjang sesuai dengan nilai dasar yang 5 sila tersebut. Mari kita mencari lagi metode pembelajaran yang baik untuk KD ini. Trims.

  12. Maaf saya fahmy murid dari smkn 2 serang,,
    saya mau bertanya,
    apa dampak positif dari pancasila sebagai ideologi terbuka terhadap keluarga,sekolah,masyarakat,bangsa dan internasional,,
    makasih

    • Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat memberikan peluang kepada kita dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga, sekolah masyarakat bangsa dan negara untuk menerima budaya dari luar yang sesuai dan tidak bertentangan dengan budaya kita. trims

  13. terima kasih pa,tapi bisa yang lebih spesifik lagi gak pa,?
    dan tolong berikan contohnya??
    saya minta maaf bila merepotkan,.!!

  14. 3 macam contoh masing dalam 5 lingkungan tersebut,,,terina kasih

    • Contohnya silahkan anda bisa mencarinya sendiri… inilah disebut proses analisis dalam kehidupan sehari-hari, maaf terima kasih

  15. menurut saya ideologi itu pandangan dasar negarayang yang di pegang semua oleh negara kita Indonesia.

  16. Pak, kalau begitu beda antara pancasila sbg ideologi terbuka dgn pcasila ideologi tertutup itu apa saja?thanx..

    • Pancasila sebagai ideologi terbuka itu bahwa Pancasila siap menerima budaya dan pemikiran dari luar yang sesuai dengan nilai dasar Pancasila tersebut, jika ideologi tertutup bahwa Pancasila tidak bisa menerima pemikiran dari luar, Jika Pancasila adalah hasil pemikiran seorang atau beberapa tokoh bangsa, maka ideologi ini tidak akan berkembang sesuai perkembangan zaman. Ingat Pancasila sudah ada sebelum Indonesia merdeka, yaitu tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Soekarno, beliau hanya menggali dari nilai-nilai bangsa. Trims

      • hemm bukannya pancasila emang hasil pemikiran dari Moh. Yamin, Ir Soekarno dan Soepomo?

  17. Hub. Antara pernyataan pancasila sbg ideologi terbuka dg konstelasi ideologi dunia yg tertutup maksud ny ap c?

  18. Maaf, saya mau nanya bagaimana cara kita membangkitkan kembali sikap positif kita terhadap pancasila sebagai ideologi yang terbuka? thx
    tolong di jawab terima kasih

  19. maaf,saya mau tanya ni
    masih relevan kah pancasila sebagai ideologi bangsa??

    • sementara ini masih relevan, karena belum ada ideologi bangsa yang lain yang relevan dengan bangsa Indonesia. Pancasila memberikan kebebasan kepada bangsa Indonesia untuk mengembangkan budaya dan ideologi sepanjang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Pancasila memiliki nilai-nilai universal yang dapat diterima oleh agama bahkan dari negara manapun, seperti nilai-nilai kemanusiaan yang universal. terima kasih

  20. terima kasih link dan lainnya jadi sayabisa ngerjain ulangan take home pkn :)

    • iya saya juga, terima kasih ya omcivics :D

  21. Ka apasih arit Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Rakyat Indonesia

  22. Ka apasih arti dari Pancasila sebagai Perjanjian luhur Rakyat Indonesia

  23. tQ
    tpi mciH ad yG blumn nGerti
    Bahasa’naA ketinggian Jadi binGung memAhami’nyA

    • Terima kasih masukkannya

  24. tolong Pke bahasa yG mdah di mEngrti
    Arti dari PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

  25. kalau bisa lebih singkat dan jelas dan materi tentang menampilkan sikap positif mohon diperjelas

  26. saya ndak yakin klo pancasila itu dianggap sebagai pandangan hidup di negara ini, buktinya negara ini mengaku negara berketuhanan yang maha esa (sila 1) tp apa nyatanya??? omong kosong!!! aturan tuhan ditolak!!! apakah di negara ini berpolitik dg aturan tuhan??? bersistem pendidikan dari aturan tuhan??? bersistem sosial dari aturan tuhan??? tidak!!! sila 1 saja sudah diingkari mentah2 apalgi sila yang lainnya???

  27. pancasila harus tetap kita pertahankan, jangan sampai generasi penerus kita digerogoti oleh manusia-manusia yang picik hati dan sempit pikiran. hidup pancasila !!!

  28. mekom……..maaf pak ganggu ne…….saya mau tanya nie pak……..saya belum mengerti benar soal2 ni….

    1. apakah nilai2 pancasila sudah mampu dilaksanakan secara umum oleh masyarakat?

    2. mengapa pancasila dapat dijadikan paradigma pembangunan nasional bangsa indonesia

    3. uraikan maksud pancasila mengandung:
    – nilai dasar
    – nilai isumental
    – nilai praktis

    4. mengapa negara yang menganut idologi komunis cenderung mengabaikan hak2 cipil dan politik?

    tolong ya pak……
    sebelumnya terima kasih banyak…..

  29. kl;kl;

  30. Maksud ideologi tu apa?

  31. 1knp unsur” ideologi pancasila ssh sy dpt…………!

  32. saya mau tanya….
    apa arti
    a. rasionalitas penalaran ( logos )
    b. penghayatan (pathos)
    c. kesusilaan (ethos)
    bagaimana keberadaan ketiga unsur ini dalam ideologi pancasila
    dan sudahkah di perhatikan….?

  33. Terima kasih banyak ini sumber sangat membantu saya terutama dalam hal pengertian Ideologi Terbuka.Cuz besok mau ada presentasi..Salam dari SMAN 1 slawi,tegal. :)

  34. mantap-mantap,
    saya gk akn bka web ni, kalo gk d ksh tugas :)

  35. apa sih idiologi itu???????

    • Ideologi berasal dari kata ide atau gagasan, logos adalah ilmu. Jadi ideologi merupakan ilmu tentang gagasan. Ideologi masih merupakan cita-cita sedangkan pelaksanaannya masih dalam tahap perbaikan. Biasanya ideologi ini berawal dari pemikiran manusia, seperti ideologi komunis, liberal, dll. Akan tetapi Founding Father kita Soekarno tidak ingin dikatakan bahwa Ideologi Pancasila berasal dari pemikirannya sendiri akan tetapi berasal dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

  36. sya mcih byum pham n gux ngudeng mslah ideologi trbka,,pdhal bsop adh prsentasi.huft…(T_T)

    • Ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya Ideologi yang terbuka dari perubahan-perubahan yang datang dari luar tetapi memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk menentukan manakah nilai-nilai dari luar yang mempengaruhi dan merubah nilai-nilai dasar dan manakah yang tidak boleh berubah Sehingga Ideologi terbuka adalah terbuka untuk menjawab tantangan jaman.

  37. ass.pengertian dr pancasila sebgai karktristk bangsa indo,dan sbg perjanjian luhur bangsa indo,,tolong ksh penjelasany dan contohny.mksh dari SMA N 5,TEGAL,ASS

    • Pancasila sebagai karakteristik bangsa Indonesia adalah Pancasila sebagai pembeda antara bangsa Indonesia dan bangsa lain. Pancasila sebagai karakteristik bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan karakter/kepribadian bangsa Indonesia yang luhur. Kita tahu bahwa karakter seseorang berbeda-beda. Jadi intinya Pancasila sebagai karakter bangsa adalah pembeda kepribadian berbangsa Indonesia dengan bangsa lain contohnya menghargai orang lain.
      Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, artinya Pancasila diambil dari perjanjian luhur bangsa Indonesia, kesepakatan bangsa Indonesia. Perbedaan ideologi Pancasila dengan ideologi yang lain adalah: Pancasila tidak dicetuskan oleh seseorang tokoh tetapi diambil dari budaya bangsa Indonesia sendiri. sehingga Pancaila diambil dari perjanjian luhur bangsa Indonesia. mudah2an bermanfaat…

  38. Bagaimana menerapkan nilai2 pncasila tu dlam khdupan shari2 yg mrupkan cerminan dri pncsila sebagai ideologi terbuka

    • saya sudah jawab via email

  39. Bismillah..
    Mav, sy mau nanya..
    Berarti Pancasila itu adalah ideologi terbuka, bukan tertutup?
    Karena Pancasila memiliki dimensi fleksibilitas yang artinya selalu sesuai dengan tantangan zaman. Selain itu, apa yang penyebab Pancasila dijadikan sebagai ideologi terbuka (apa ada hubungannya dg UUD 1945)? Kemudian..apa masalah yang akan terjadi jika Pancasila dijadikan sebagai ideologi tertutup?

    Matturnuwuun.. :)

  40. assalamualaikum, saya mau minta bantuan
    Jelaskan sikap positif terhadap pancasila (sila ke 1) dalam lingkungan sekolah…
    Trimakasih

  41. asKum…
    sYa mAu tNya,,
    apKah iDeoLogi tRbukA bNar2 sSuai dNgan siLa2 pNcasiLa…???
    trMa kCich
    wAskuM

  42. mW nanya.. sMa OMCIVICS
    1. Slh stu ciri khas ideologi Pancasila adalah dikembangkannya nilai2 apa ???

    thx b4

  43. mSh aD..
    1. Slh stu contoh tantantangn yg dihadapi pancassila adalah ????
    2. Prinsip dasar Demokrasi ????
    3. kelemahn demokrasi dg sist Parlementer ???
    4. Nilai2 yg terkandung dLam demokrasi Pancsila ???
    5. Ideologi Liberalis banyak dinut oleh EROPA BARAT, EROPA TIMUR, ASIA TIMUR atoW TIMUR TENGAH ???
    6. Demokrasi PAncasila bersumber pda ???
    7. sebutkan Kwajiban masy. trhdp ideologi Pnacasila !!.

    omM.. tLong d’jWab Yagh..
    thX bgett b4

  44. ribeeeet….tgs PKn g jlz. dosenx lebay. lg ad mslh po ? ko dbw2 k kmpus

  45. numpang nanya donk om….,:

    “pancasila merupakan ideologi terbuka, bagaimana jika suatu negara dipimpin oleh politisi busuk??”

    • Ideologi terbuka artinya terbuka untuk perkembangan jaman. Dan yang salah tafsir adalah apabila pancasila ditafsirkan oleh para politisi busuk tersebut. Pancasila dijadikan tameng untuk berbuat dan menjadi legalitas formal (penguat hukum) bagi tindakannya untuk menghalalkan segala cara. Hal inilah yang dikhawatirkan kita semua, ketika kekuatan hukum bisa dipanipulasi oleh kekuatan politik terte

  46. mau nnya dong oom .. :)

    bagaimana sii cara membangkitkan kembali sikap positif terhadap paradigma pancasila sebagai ideologi terbuka di lingkungan sekolah??

    makasih ya sebelumnya :)

  47. Thanks untuk informasinya,smoga org yg laen bs lebih tau makna pancasila

  48. mav, saya mau nanyk, sikp ap sja yg sesuai dgn nlai nlai pancasila
    mksi,,,

  49. assalamualaikum wr.wb. saya mau nanya setelah saya lihat respon dari semuanya jadi yang paling tepat maksud dari pancasila sebagai ideologi terbuka ap ya?yang paling tepat.

  50. [...] The busiest day of the year was July 26th with 914 views. The most popular post that day was Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. [...]

  51. Sebagian ulama berpendapat bahwa jika kita mengagung-agungkan Pancasila berarti kita telah berbuat mubah, makruh, dan cenderung mengarah ke syirik… kesian deh… Para ulama tersebut kurang mendalami apa arti hidup bernegara dan berbangsa. Kita hidup di negara Indonesia yang berideologi Pancasila toh tidak menyalahi aturan agama. Pancasila adalah aturan hidup berbangsa dan bernegara. Jika kita mencintai bangsa dan negara berarti kita menghargai hasil perjuangan para pendiri negara. Bahkan dalam Islam dinyatakan bahwa cinta tanah air sebagian dari iman.
    Kita tetap memegang teguh aqidah Islam sebagaimana dalam Kitabullah AlQuranul-Karim, tetap mengakui Allah SWT dan bahkan memuja-Nya selalu, tetap meneladani Nabi Junjungan Kita Muhammad SAW… tetap memegang ukhuwah islamiyah… jadi apa yang salah dengan Pancasila… Analisislah nilai-nilai yang ada di dalamnya………… baru bisa bicara………….

  52. makasih dengan adanya bl0g ini membuat saya lebih mudah mempelajari dan mengerti materi yg diberikan sangat bermanfaat utk saya dalam mempelajari pelajaran civic education
    makasih ya ,,,,,
    ^_^

  53. mau tanya ni …
    Hubungan antara pancasila sebagai Ideologi Terbuka dengan Konstelasi Ideologi dunia yang tertutup ???

    • Hduh, bngung sama tgs pkn ku. mohon bantuannya ya.. 1.Berikan pnjelasn hub.antara prnytaan pancasila sbg.Ideologi trbuka dgn.Konstelasi ideologi dunia yg trtutup
      2.berikan pnjelasn tntg konsep ideologi “trbuka”dan batasan “ktrbukaan” suatu ideologi mnurut richard b.Brandt
      aku harap anda brsedia untuk mnjwab/mmbalas. terima kasih :-)

    • Minta tolong yaa.. numpang tanya, tolong berikan penjelasan kmbali tntg konsep ideologi “terbuka” dan batasan “keterbukaan” suatu ideologi mnurut richard b.Brandt

    • Bingung bgt sama pertanyaan yang satu ini, apa sih perbedaan dan persamaan yang mendasari antara konsep pembangunan masa “orde baru” dan masa “era reformasi” ? tolong bantuannya yaa…

  54. hy…saya ida,saya mau nanya nih contoh-contoh ideologi terbuka?

  55. m’f saya ingin bertanya
    mengapa sichh indonesia menganut idiologi terbuka
    kenapa tidak idiologi tertutup saja???

  56. hyyy,, sy bru gabung di blog ini,,,
    boleh ga’ berikan contoh penetapan ideologi dalam kehidupan sehari-hari…

  57. mengapa pancasila dijadikan ideologi terbuka?

  58. MAKASIH YA???

  59. maaf, pengertian pancasila menurut ir.soekarno adalah “isi jiwa pancasila” yang turun terumurun sekian abad lamnya, “terpendam bisu” oleh kebudayaan barat. yg saya pertanyakan adalah arti medasar dari isi jiwa pancasila dan terpendam bisu itu apa? trims :)

    • Isi jiwa pancasila adalah nilai-nilai yang tertanam dalam budaya bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu yang terdiri dari 5 dasar tersebut dan karena sudah berabad-abad bangsa Indonesia terjajah oleh bangsa lain, maka bangsa Indonesia tidak dapat mengembangkan tata kehidupannya berdasarkan isi jiwa pancasila tersebut.
      Mudah-mudahan bermanfaat

  60. apa sih alasan pancasila dijadikan dasar negara

  61. yg tau jawabannya Follow me @Din_anataliya ok

  62. saya mw bertanya,, berikan penelasan hubungan antara pernyataan pancasila sebagai ideologi terbuka degan konstelasi dunia yang tertutup

    • Pancsila sbg ideologi terbuka artinya ideologi yang dapay mengikuti zaman. Perubahan jaman dapat diterjemahkan oleh sikap seseorang sesuai Pancasila. Semakin lama peradaban dunia bukan tertutup akan tetapi terbuka. Sehinga Pancasila sebagai ideologi yang menjembatani antara peradaban dunia dan sikap bangsa Indonesia, mdhan2 bermanfaat

  63. assalamualaikum, mau nanya Bagaimana Cara membangkitkan kembali sikap positif terhadap paradigma pancasila sebagai ideologi terbuka dilingkungan sekolah? mohon bantuannya :) terimakasih.

    • Wass…
      Caranya membangkitkan sikap positif terhadap paradigma Pancasila sebagai ideologi terbuka di lingkungan sekolah adalah dengan pelaksanaan dan peningkatan disiplin diri seperti tidak pernah terlambat masuk sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, menghormati guru, dan yang lebih tua, menyayangi yang lebih mudah, dan tidak membuka handphone ketika ada teman di depan kita, dikhawatirkan menyinggung perasaan teman kita yang tidak memiliki hp. Secara tidak langsung telah menerapkan Pancasila sebagai ideologi terbuka yang sesuai dengan perkembangan zaman.
      Demikian mudah-mudahan bermanfaat

  64. penjelasan hubungn antra pernyataan pncasila sbg ideologi terbuka dgn konstelasi ideologi dunia yg tertutup apa ya ? nmpang tanya kak .

  65. Saya brharap sekali untuk prtnyaan saya di atas bs di jawab.

  66. numoang nanya donk apakah pancasila dapat di sebut sebagai ideologi terbuka ? alasannya apa

  67. Maaf saya mau nayak “Dimensi-dimensi apa saja yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideology terbuka “

    • dengan adanya Pancasila sebagai terbuka maka secara hukum, rakyat Indonesia dapat melaksanakan Pancasila secara fleksibel. Ketika ada fenomena sosial yang belum ada peraturannya, maka legislatif dapat menafsirkan melalui peraturan perundangan dibawah UUD 1945 dan Pancasila.
      Mudah-mudahan bermanfaat

      • Asslm saya mau tanya . Tentang konsep ideologi terbuka dan batasan keterbukaan suatu ideolgi menurut ricard b.brandt
        Bals ke twitter. Tolg bantuannya. Maksih
        @sitialiyah33


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers